Selasa, 20 April 2010

BERITA UTAMA









Desa Lombang Terang,
Income Warga Desa Meningkat


Desa Lombang saat ini telah dapat menikmati listrik seperti halnya daerah lain di Kabupaten Majene berkat keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang diresmikan tahun 2009 lalu.
Hal tersebut tentu saja berimplikasi positif bagi banyak sektor di desa Lombang serta membuat Income desa meningkat yang berujung pada peningkatan taraf hidup masyarakatnya.

MENURUT Kepala Desa Lombang, Syafaruddin, sebelum PLTMH dibangun didesanya, warga desa Lombang mengandalkan mesin genset sebagai sumber penerangan mereka. Kondisi tersebut tentu saja menyulitkan warga disebabkan hanya sebagian warga saja yang mampu membeli genset dan kapasitas penggunaan genset sangat terbatas.
Keberadaan PLTMH bagi warga bagaikan suatu anugrah yang besar. Betapa tidak, PLTMH dengan kekuatan dinamo sebesar 30.000 watt telah mampu menjangkau 3 dusun yang berada di Desa Lombang yakni Dusun Salutakkang, Panappo dan Pessorongan. Di tiga dusun ini, terdapat 172 KK yang merasakan manfaat dari PLTMH Desa Lombang.
Kendati demikian masih ada 5 dusun lain di Desa Lombang yang belum dijangkau oleh kekuatan dinamo PLTMH. Namun dalam waktu dekat, penambahan mesin dinamo dengan kapasitas 50.000 watt melalui bantuan APBD Kabupaten Majene akan segera menerangi 2 dusun lain di Desa Lombang yakni Takapa dan Lombang sehingga akan terdapat 426 KK di 5 dusun yang masyarakatnya telah dapat menikmati listrik dalam mendukung kelancaran aktivitas mereka sehari-hari.
PLTMH desa Lombang yang dibangun melalui bantuan APBN pusat membawa manfaat yang sangat besar bagi warga desa. Utamanya dibeberapa bidang seperti pendidikan dan usaha jasa dan perdagangan dari masyarakat desa Lombang.
Dengan adanya PLTMH tersebut, kegiatan administrasi sekolah berjalan dengan lancar dan para siswa dapat belajar di malam hari untuk meningkatkan prestasinya di sekolah. Belum lagi ditambah dengan meningkatnya kegiatan usaha kecil seperti jasa jahit menjahit yang dimiliki warga dan usaha pembuatan kue yang pendapatannya semakin meningkat dengan kehadiran PLTMH di desa mereka.
Desa Lombang sendiri merupakan desa potensial yang kaya akan sumber daya alam dan merupakan salah satu daerah penghasil utama Kakao/Coklat di Kabupaten Majene. Hasil perkebunan Durian dan Langsatnya pun menjanjikan dan sebagian besar dikirim ke pulau Kalimantan untuk dipasarkan.
Sebagian besar warga desa Lombang bermata pencaharian sebagai Petani Kakao dan Kemiri dan sebagian juga bersawah ladang. Dibeberapa dusun seperti Dusun Beroanging dan Pebulahangan menyimpan potensi tambang besi dan tambang emas yang cukup berpeluang untuk dieksplorasi.
Olehnya itu, kehadiran PLTMH di desa Lombang diharapkan dapat memaksimalkan segala potensi yang dimiliki desa tersebut untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakatnya sehingga pada gilirannya nanti dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Majene. (mm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar