Selasa, 20 April 2010

LENSA PERISTIWA













Pesta Nelayan di Baurung


PERAYAAN Pesta Nelayan Baurung berlangsung cukup meriah. Tradisi tahunan masyarakat nelayan yang berdomisili di Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur ini, senantiasa terus terpelihara hingga saat ini.

Pesta nelayan Baurung adalah sebagai wujud syukur masyarakat atas rejeki yang dilimpahkan Allah SWT selama kurun waktu satu tahun. Wujud syukur tersebutlah yang diaktualisasikan masyarakat nelayan Baurung sebagai bentuk Pesta makan-makan besar dengan mengundang segenap Pejabat Muspida dan seluruh Pejabat lain termasuk juga para tokoh masyarakat.

Bupati Majene, H. Kalma Katta, S.Sos, MM dalam sambutannya menyatakan bahwa tradisi Pesta Nelayan Baurung merupakan salah satu aset Budaya Majene yang harus tetap dipelihara oleh generasi penerusnya sebagai identitas budaya nelayan Baurung.

Selain itu, Pesta Nelayan Baurung juga berfungsi sebagai perekat nilai Silaturrahim antar sesama masyarakat yang menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan.

Secara keseluruhan prosesi Pesta Nelayan Baurung adalah mulai pukul sepuluh pagi acara makan besar bersama para Pejabat Muspida dan SKPD serta Tokoh Masyarakat kemudian dilanjutkan pada pukul empat sore acara pelarungan sesaji ke laut yang dilaksanakan oleh segenap masyarakat nelayan Baurung..(mm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar